Jumat, 09 Januari 2015

Cara Mudah Mengenali Sakit Perut Pada Bayi,Anak-Anak dan Dewasa

Seorang Ibu atau seorang Bapak sering dibikin bingung manakala anknya menangis kesakitan dengan tidak mengetahui sakit yang diderita si anak.Terlebih bila yang sakit itu adalah anak bayi yang belum bisa bicara atau memberitahu perihal apa yang ia derita.

Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi tips atau cara mudah mengenali sakit atau penderitaan si anak mudah mudahan ada manfaatnya bagi mitra pembaca sekalian.

Pertama kontrol dulu seluruh anggota badan si anak pastikan semuanya dapat di periksa dengan baik,nah bila mitra pembaca menemukan luka atau benjolan pada salah satu anggota badan anak atau bayi kita mungkin itu sumber penyebab anak kita kesakitan segera kasih perlakuan dengan cara mengobatinya dengan seksama dan pelan pelan biar si anak tidak tidak merasa kesakitan.
selannjutnya bila yang kita temukan itu adaalah benjolan atau luka memar dengan sedikit membiru pada kulit dan dagingnya maka segera amati dan kenali penyebab benjolan tersebut,hal tersebut bisa dipastikan sianak terkilir atau TICENGKLAK istilah sundanya.maka penanganaya adaalah segera sianak dibawa ke ahli perbaikan tulang atau ke tukang urut saja biasanya ibu-ibu dukun melahirkan atau paraji (bahasa sunda) juga dapat mengatasinya.

Kedua tempelkan ibu jari tangan kanan kita ke puser anak, kemudian rasakan apa yang terjadi pada puser anak tersebut.Bila kita merasakan puser anak itu berdenyut denyut baik keras atau lambat baik kencang atau lambat maka sudah dipastikan anak atau bayi tersebut menderita sakit perut.
Adapun denyutan puser yang kencang dan keras itu menjadi tanda bahwa sakit perutnya si anak sakit sekali.dan bila denyut pusernya sedang atau lambat maka itu menunjukan sakit perutnya ringan.
Nah mitra pembaca yang budiman tanda denyutan pada puser ini sama halnya baik pada bayi,anak-anak dan orang dewasa.biasanya bila tanda seperti ini di temukan dapat di pastikan yang bersangkutan menderita sakit perut.




Adapun solusinya adalah sebagai berikut :
  •  Bila yang menderita sakit perut tersebut adalah bayi maka pada perut bayi tersebut oleskan minyak angin atau minyak kayu putih dan sejenisnya.dengan memberikan sedikit urutan pada permukaan perut bayi         tersebut biar bayi merasa nyaman.
  •  Kemudian bila penderita sakit perut itu anak-anak usia 7-12 tahun maka dapat dikasih obat amoxtisilin   500gr dengan dosis setengah kaplet.Dan hentikan pengobatan bila anak sudah sembuh.
  • Selanjutnya bila yang menderita sakit perut itu adalah 12 tahun ke atas maka dapat dikasih obat amoxtisilin 500gr dengan dosis 1 kaplet.hentikan pengobatan bila sembuh.
Nah mitra pembaca yang budiman sekian tips kecil ini yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk semuanya.Dan jangan sampai lewatkan tips tips lainya di blog saya ini.
wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar